Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Kita

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah - Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan yang bisa muncul dimana saja. Namun yang paling sering muncul adalah di wajah yang diakibatkan kotoran di wajah kita. Jerawat menjadi salah satu faktor yang membuat kita tidak percaya diri akan kehadirannya. Khususnya bagi seorang wanita, noda jerawat sedikitpun akan menjadikan semakin tidak percaya diri dihadapan umum. Ada banyak cara untuk mengobati jerawat bagi wanita, termasuk dengan menggunakan beberapa obat kosmetik baik itu pembersih muka atau krim pembersih jerawat. Tapi ada sebuah cara menghilangkan jerawat bagi anda secara alami dengan cara kita mengetahui apa itu jerawat dan jenis-jenisnya, maka kita bisa mengobati sesuai jenisnya.

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Kita

Penyebab Munculnya Jerawat

Sebelum mengatasi masalah jerawat yang cukup membantu, ketahuilah mengenai beberapa penyebab munculnya jerawat yang membandel. Dimana penyebab jerawat ini dapat diklasifikasikan sebagai penyebab jerawat secara internal maupun eksternal.

 1. Produksi Minyak Berlebih 

Salah satu penyebab jerawat internal ini adalah keadaan kulit yang abnormal yang meproduksi minyak berlebihan, sehingga mengganggu/menyumbat pori-pori dan kelenjar rambut pada kulit. Produksi minyak berlebih disebabkan oleh pola makan, pola hidup, kosmetik, faktor keturunan, hormon, setress dan pergantian musim.

2. Sel-Sel Kulit Mati 

Jerawat muncul sebab tercampurnya sel-sel kulit mati dengan bakteri, yang mana bakteri ini disebabkan oleh banyaknya produksi hormon androgen yang menyebkan kelebihan kelenjar minyak pada kulit. Sel-sel kulit mati yang bercampur dengan sabun menyebabkan penyumbatan sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah. Pada umumnya jerawat menyerang area muka, tetapi jerawat juga bisa muncul pada, punggung, dada, lengan atas, bahu bahkan kulit kepala bagian belakang.

3. Bakteri

Bakteri adalah salah satu penyebab serius munculnya jerawat. Bakteri yang bernama P. acne yang biasa berkembang biak pada kelenjar sabeceos pada kulit yang dapat menimbulkan penyumbatan sehingga terjadi iritasi di sekitarnya. Kelenjar tersebut akan  mengalami proses pembesaran/pembengkakan hingga pecah dan menimbulkan peradangan pada kulit dan terasa sakit, hal ini juga yang menyebabkan timbulnya jerawat batu adalah jenis jerawat yang membesar dan  menimbulkan rasa sakit dan ketika sembuh akan meninggalkan bekas lubang pada permukaan kulit.


Macam-macam Penyebab jerawat Membandel


1. Faktor Hormon

Penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah adalah hormon terutama pada remaja. Jerawat akan mulai muncul pada remaja usia 10 hingga usia 15 tahun dan akan mulai menghilang pada kisaran umur 25 tahun. Tetapi terdapat 7% pada sebagian kecil orang yang mencapai umur 40 hingga 50 tahun jerawat mulai menghilang. Wanita memiliki resiko yang lebih besar munculnya jerawat pada saat siklus menstruasi sehari hingga selesai masa menstruasi.

2. Kebersihan Rambut dan Wajah

Kurangnya menjaga kebersihan rambut dapat berdampak langsung penyebab munculnya jerawat. Apa hubungannya ya, malasnya anda menjaga kebersihan rambut jarang keramas akan mengakibatkan produksi minyak yang berlebihan pada kelenjar kulit kepala, ini juga diperparah dengan timbunan sel-sel kulit mati pada kulit kepala yang jarang dibersihkan/keramas. Hal ini menyebabkan aliran minyak ke wajah anda dan bercampur dengan debu dan kotoran sehingga terjadi penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat.

3. Mengkonsumsi minuman Bersoda

Soda adalah penyebab jerawat, sebab adanya aspartame  adalah salah satu zat yang dapat menimbulkan jerawat dan meningkatkannya, serta minuman bersoda juga dapat menurunkan kadar PH pada kulit sehingga menimbulkan jerawat dan membandel susah di hilangkan.

Faktor Penyebab Terjadinya Jerawat Pada Umumnya


  1. Faktor Keturunan atau Genetik
  2. Faktor infeksi pada wajah yang di akibatkan Bakteri
  3. Faktor Hormon Testoteron pada pria
  4. Faktor Hormon Estrogen pada wanita
  5. Iritasi pada wajah akibat gatal (garuk)
  6. Minuman beralkohol dan merokok
  7. penyumbatan pori-pori akibat sel kulit mati dan debu kotoran
  8. Faktor Umur
  9. Kurang Vitamin A dan B
  10. Terlalu seringa terpapar langsung Sinar UV
  11. Rambut kotor pada area wajah
  12. Kurang membersihkan wajah
  13. Kurang tidur sering begadang
  14. Darah Kotor/ Menstruasi pada wanita
  15. Jatuh Cinta
  16. Pubertas
  17. Alergi zat kimia pada kosmetik
  18. Jarang mandi atau membersihankulit
  19. Faktro Sterss
  20. Kelebihan Kelenjar minyak
  21. Polusi Udara/debu 
  22. Akibat Konsumsi PIL KB

Uraian diatas merupakan faktor-faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah kita, dan pada bagian lainnya seperti punggung, dada dan lengan. Diharapkan dengan kita mengetahui penyebab-penyebab tersebut kita akan bisa dan tahu cara menghilangkan jerawat yang benar dan dapat melakukan pencegahan munculnya jerawat.

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Kita 4.5 Unknown

0 comments:

Post a Comment