Apa Itu Jerawat dan Apa Jenis-jenis Jerawat Itu?

Apa Itu Jerawat dan Apa Jenis-jenis Jerawat Itu? Apakah kamu lagi mengalami masalah kulit, salah satunya jerawat? Nah yang satu ini memang menjadi masalah serius baik buat semua kalangan. Baikpria maupun wanita. Pasalnya jerawat ini memang bukan masalah kulit yang pandang bulu. Sewaktu-waktu bisa saja muncul dimana pun, bisa di pipi, di dahi, dekat hidung ataupun di dagu sekalipun. Namun walaupun demikian tentunya kemunculan jerawat ini disertai asal-muasalnya yah? Nah sebelum membahas mengenai cara menghilangkan jerawat, sebaiknya kita ketahui dulu tentang apa saja yang menyebabkan jerawat itu muncul. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut.

Apa Itu Jerawat dan Apa Jenis-jenis Jerawat Itu?

Jenis-Jerawat Yang harus Kamu Tahu

Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya :

  1.  Jerawat Radang Adalah jenis jerawat yang mempunyai bentuk yang lumayan besar, ini disebankan oleh kantung folekul yang terletak pada dermis terisi penuh oleh lemak padat, hal ini akan mengakibatkan dermis mengembung. Apabila kita mencoba memecahnya/menekannya dengan alat atau tangan yang tidak steril ini akan menyebabkan radang di kulit yang ditumbulkan oleh nanah yang berada pada kantung folekul.
  2. KomedoMendengar kata komedo pasti tidak asing bagi anda, dan komedo ini juga termasuk salah satu jenis jerawat. Namun komedo tidak sakit seperti jerawat radang hal ini karena komedo merupakan jerawat yang hanya menyumbat pori-pori pada kulit dan tidak terinfeksi oleh kuman dan bakteri.

    Komedo sendiri terdiri dari 2 jenis:
    Komedo Terbuka (White hide comedo) yang memiliki ciri-ciri pori-porinya yang tersumbat memiliki warna putih pucat.
    Komedo Tertutup (Black head Comedo) yang memiliki ciri-ciri pori-porinya yang tersumbat memiliki warna kehitam-hitaman.
  3. Jerawat KonglobataJerawat tipe konglobata merupakan kumpulan dari jerawat-jerawat yang berupa bisul-bisul. awalnya jerawat seperti ini munculnya 1 jerawat kemudian bertambah dan terus bertambah hingga bergerombol kemudian jadi satu sehingga melebar dan bernanah. Hal ini terjadi karena kita memencet jerawat menggunakan sesuatu yang tidak bersih seperti kuku atau alat-alat lainnya, sehingga kuman dan bakteri menyebar dan membuat jerawat semakin parah. Dan meski jerawat ini bisa disembuhkan namun bekasnya sulit untuk dihilangkan.

Jenis Jerawat pada Umumnya

  1. Jerawat Batu 
    Jerawat batu atau jerawat radang, ya benar jenis jerawat ini umumnya mempunyai ukuran yang besar dan menyakitkan ini disebabkan terjadi peradagan pada jerawat. Jika dibiarkan saja dan tidak segera mendapat penanganan dan diobati saat jerawat ini sembuh dan kempes akan menimbulkan bekas yang begitu mencolok berupa bopeng yang susah di hilangkan.
     
  2. Jerawat PasirJerawat Pasir adalah jenis jerawat yang mempunyai ukuran kecil-kecil dan jenis jerawat ini tidak akan merasakan sakit disebabkan tidak terjadi peradangan pada jerawat  namun tetap saja hal ini menimbulkan ketidak pedean pada penderitanya.
  3. Jerawat PunggungSesuai namanya jerawat kerap kali timbul pada permukaan kulit punggu, namun jerawat punggung tidak terlalu banyak seperti halnya jerawat pada wajah, dan tidak semua orang akan terkena jenis jerawat ini.

Aneka Jenis Jerawat lainnya 

  1. Jerawat Juvenil adalah Jerawat yang timbul pada usia pubertas, antara umur 14 hingga 20 tahun, jerawat ini disebabkan perkembangan hormon yang tidak seimbang disebabkan memproduksi sebub.
  2. Jerawat Rosacea merupakan kebalikan dari jenis Juvenil, jerawat ini timbul pada usia umur 30 hingga 50 tahun. indikasinya adalah adanya perdangan dan menimbulkan lipatan pada hidung sehingga terlihat bersisik, cara mengatasinya adalah datang dan konsultasi pada dokter.
  3. Jerawat Nitrosica Karena menimbulkan efek lubang pada wajah, jenis jerawat ini masuk kategori berbahaya. Bila anda terkena jerawat ini segeralah pergi kedokter kulit dan berkonsultasi untuk menanganinya.
  4. Jerawat Vulgaris ini sebenarnya masuk kategori komedo, jenis ini tidak berbahaya dan pengobatannya cukup muda yaitu dengan melakukan penguapan pada wajah.

Itulah tadi apa itu jerawat dan jenis-jenis jerawat itu? ternyata ada banyak jenis jerawat itu, sebenarnya kita tidak perlu takut timbul jerawat pada wajah sebab jerawat itu biasa timbul karena hormon dan juga debu serta sisa kosmetik. maka dari itu jagalah selalu kebersihan kulit wajah anda dengan mencuci muka setelah melakukan kegiatan.

Apa Itu Jerawat dan Apa Jenis-jenis Jerawat Itu? 4.5 Unknown

0 comments:

Post a Comment